Jumat, 24 Juni 2016

Erupsi Merapi

Erupsi Merapi


Tahun 2010 disebuah pedesaan yang sangat asri desa itu bernama Desa Ngargomulyo,terjadilah       Erupsi Merapi yang paling dasyat dampaknya dari tahun 1993 baru kali ini yang terparah dampak     Gunung Merapi ke daerah di sekitrnya. Aku masih teringat waktu kejadian itu aku,Amin,Linda,Fitri, Danik,Galuh dan Ahlun sedang berkumpul di rumah Fitri untuk belajar bersama,Tiba-tiba kami dikagetkan dengan suara leparan batu kecil-kecil atau sering disebut kerikil ke rumah Fitri.                                       
‘’Wan wan,ada apa ini ?’’ tanya Linda kepadaku.
‘’Gak tau w Lin,’’ jawabku kepada Linda yang sedang curiga saat itu degan keadaan. Setelah  beberapa menit kami mencium bau belerang,kemudian kami keluar dari rumah Fitri dan ternyata diluar sedang hujan abu vulkanik dan selanjutnya kami bubar pulang kerumah masing-masing.’’assalamuallaikum wr.wb suara yang mengglegar ditelingaku ketika pak kadus mengumumkan kepada warganya agar untuk segera mengungsi meninggalkan desa tersebut untuk mengungsi.Aku dipengungsian selama 4 hari karena waktu itu gunung sudah dirasa aman ahirnya aku pulang ke desa untuk bertemu teman sekelasku  ketika masih waktu SD ,Tapi harapanku sia-sia sebab temanku masih di tinggal dipengungsian. Setiap hari aku disuruh les untuk mempersiapkan ujian nasional oleh guru yang membimbingku ,aku pulang dan berangkat di antar guruku sebab aku tidak punya motor.
Aku mengikuti les selama 10 hari sebab waktu itu Gunung Merapi meletus kembali,langit menjadi gelap karena matahari tidak dapat menembus abu yang begitu tebal. ’’Wan jangan pulang ke Ngargomulyo’’, Ayo ke tempat pengungsian saja lihat guntur yang terus menyambar-nyambar itu Wan.’’nasihat dari guruku agar aku menuruti perkataanya. ‘’Ya allah lindungilah keluargaku dari segala mara bahayamu berikanlah keselamatan kepadanya’’ucapanku dalam hati. Ahirnya ada orang yang mau mengantarkanku pulang kerumah,dia orang Desa Kalibening .setelah sampai dirumah aku melihat paman,ayah,ibu dan adiku sedang berkumpul diruang tamu. 
Aku menyapa mereka lalu masuk kamar untuk mengemas pakean dan peralatan sekolahku untuk di bawa ke pengungsian.’’Buk,pak,dek ayo mengungsi aja biar kita aman ‘’.
‘’Ayo le kalau mau mengungsi tapi ayah dan kakakmu menyuruh kita duluan mengamankan diri. Suasana mengerikan itu membuatku takut,kulihat jalan yang sepi tidak ada orang di rumah didusun selain dusunku mereka sudah pergi mengamankan diri,hujan terus mengguyur dari jam 12:00 sampai sore. Aku dan ibuku berangkat mengungsi berjalan kaki,tidak beberapa lama kemudian ada mobil polisi yang sedang patroli ke desaku. Aku dan ibuku numpang ke mobil tersebut untuk kembali ketempat pengungsian pertamaku tapi setelah sampai disana ternyata orang-orang yang mengungsi disitu sudah pergi sedangkan tendanya mulai roboh tidak kuat menahan abu,pasir dan air yang jadi satu dalam jumplah yang lumayan banyak pada tenda tersebut.   
Selanjutnya kami pergi bersama pak polisi tersebut ke Muntilan.‘’Pak polisi anda tau nggak dimana warga Ngargomulyo mengungsi ?”,tanyaku kepada pak polisi yang sedang mengemudi mobilnya menuju Muntilan. 
 “Oh itu dek,warganya ada di pengungsian SMA Van Lith dan Pangudi Luhur(PL).”tolong antarkan kesana pak ajakku kepada polisi yang sedang mengemudikan mobilnya.     Setelah sampai di SMA Van Lith ,aku dan keluargaku istirahat,tepat pukul 22.00 aku merasakan gempa berkali-kali dari Gunung Merapi tapi gempa itu hanya berskala kecil tapi kaca-kaca disekitar bergetar terus-menerus .  
“Buk ,bapak dan kak amin dimana tow ? Kok belum kesini.”
 “tadi masih dirumah nak,doakan nak semoga tidak terjadi apa-apa pada ayah dan kakakmu. Aku semakin panik dan khawatir ketika mendengar pepohonan di sekitar tempatku mengungsi tumbang sebab pasir dan abu yang tercampur air tersebut banyak sehingga pohon tak kuat menahanya.Krek Krek  krek blenngggg,kudengar pohon kelengking di samping gedung itu tumbang serta mengenai sepeda motor yang di parkir di bawahnya hingga motor itu ringsek. ”Nak gimana kabar ibumu?” aku kaget dan hati ini terasa senang ketika ayah dan kakaku amin sudah berkumpul  bersama.
”Allahamdulilah baik pak baik .”                                                                                                                                     
  ”pak gimana kabar keadaan Desa Ngargomulyo“? Tanyaku kepada ayah yang baru tiba di tempatku mengungsi.
“Wah mengerikan banget nak,tadi banyak orang jatuh ketika mengendarai sepeda motornya sebab jalan   licin akibat  hujan abu bercampur air tersebut,jadi mengendarai motornya harus hati-hati banget nak.”
“terus dirumah masih ada orang tidak pak?”
“tidak tau nak kalau sekarang,tadi sebelum bapak kesini masih ada Mas Abi,Mbah Jumar,Sodron,Suprih,,Gondang dan Pak Surti.”
“Apa mereka tidak mengungsi pak?”
“Tidak tahu nak kalau tadi masih ada di rumah mungkin sekarang sudah pergi mengungsi” 
kata ayahku. Waktupun terus berlarut malam,hingga sampai mata ini tak terasa sudah Terlelap dengan rasa yang tidak nyaman. Saat aku bangun ternyata bapakku bapaku tsudah tidak ada di tempat pengungsian.                                                 
 “Buk bapak dimana kok aq cari cari ngak ketemu?”
“Ayahmu dan kakakmu amin sudah pulang kerumah sebelum subuh tadi nak.”
“terus pulangnya naik apa buk?”
“Tadi jalan kaki nak tidak tau kalau di jalan ada mobil atau motor yang mengajaknya.”
Aku semakin kepo karena kondisi belum 100% aman kok ayah dan kakak ku sudah pulanke rumah .               “Buk kak amin dan bapak pulang ngapain ya.”?
“Ayah dan kakakmu pulang kalau tidak salah mau melihat kondisi sapi yang ada di gubuk.”
“makasih ya buk atas informasinya.”
     Setelah pagi datanglah jatah waktunya makan sudah tiba aku langsung makan, selanjutnya setelah aku makan aku berjalan jalan  di sekitar kompleks pengungsian kusaksikan dengan jelas banyak sekali kerusakan akibat dari meletusnya Gunung Merapi yang begitu sangat mengerikan ,mataku melihat pepohonan tumbang,ikan ikan mati,persawahan jadi seperti lapangan dan tak ada satupun dedaunan berwarna hijau semua daun kulihat warna coklat itu semua akibat dari hujan abu tadi malam .
Setelah lama aku berjalan aku memutuskan beristirahat didekat kolam,kulihat disana ada tiga gadis yang berasal dari daerah  lain kemudian aku mendekat ternyata di teman ku waktu masih les dulu.
 Dia namanya  Atik,Atin dan Andry dia berasal dari Dusun Sabrang selanjutnya aku ngajak mereka mengobrol sampai tak terasa waktu sudah sore karena terlalu asyik mengobrol bersama mereka dan ayah sudah tiba di tempat pengungsian sedang duduk bersama ibu,kakak dan adiku.
Aku berjalan mendekatinya dan menanyakan kondisi di desa.
“pak bagaimana kabar di desa?”
“wah,parah baget nak,banyak sawah jadi seperti tanah lapangan,banyak pohon berserakan dijalan,burung burung tidak bisa terbang karena bulunya terbakar oleh abu yang panas dan padi yang mau kita panen itu sudah jadi seperti lapangan penjelasan dari ayahku.”
“ya sabar pak, mungkin ini cobaan untuk masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Merapi tersebut agar manusia selalu yang maha kuasa (Alloh SWT) ya kita hanya bisa pasrah pak semoga kejadian  ini akan menambah rejeki dan ketaatan kepada perintah allah.Setelah sebulan  mengungsi ahirnya Gunung Merapai sudah aman,aku dan keluargaku kembali kerumah sampai dirumah keadaan masih sepi,listrik masih mati sekitar 6 bulan lebih sedangkan masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai masih waspada karena masih sering terjadi bajir lahar dingin .aku sangat bersyukur rumahku masih jauh dari sungai aliran dari Merapi setelang kepulanganku dari pengungsian kami selalu mendapat berbagai macam bantuan baik itu dari pakaian,pangan dan peralatan sekolah bahkan ada sumbangan bantuan dari Australia untuk menganti rumahnya dengan persyaratan tertentu. 

0 komentar:

Posting Komentar